Selasa, 03 Mei 2011

PELUANG BISNIS ONLINE

| Selasa, 03 Mei 2011 | 0 komentar

1. Peluang Bisnis Toko Online

Saat ini banyak para pelaku usaha yang menggunakan fasilitas internet untuk menjalankan usahanya. Salah satu peluang usaha yang dapat dijalankan dengan fasilitas internet yaitu toko online. Yang dimaksud dengan toko online yaitu berjualan produk atau jasa namun dalam memasarkannya menggunakan internet, biasanya dengan menggunakan website atau menggunakan blog maupun jejaring sosial yang memiliki banyak pengunjung.

Para pelaku usaha memilih menjalankan usahanya dengan cara online, karena dengan internet dapat menjangkau pasar yang lebih luas daripada jangkauan pasar toko offline. Selain itu bisnis online tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, karena tidak memerlukan biaya tempat ataupun biaya peralatan sebesar toko offline.

Beberapa Keunggulan Bisnis Toko Online

* Buka 24 jam, toko Online Anda selalu siap sedia 24 Jam sehari untuk melayani calon pembeli, Sehingga anda tidak perlu takut kehilangan pembeli kapanpun mereka datang
* 100 % otomatis, Artinya setelah anda buat kurang dari 30 menit anda dapat meninggalkannya. Cukup cek order yang masuk dan memprosesnya!
* Dapat menjual berbagai jenis produk tanpa batas, berapapun barang yang anda miliki bisa anda pajang sepuas hati di sana
* Bisa dirubah ke berbagai bahasa seperti Inggris, Mandarin, Jepang, Italia, Belanda, Prancis, dll
* Tampilannya sangat Flexible, Dapat berganti rupa hanya dalam hitungan menit, Jadi anda tidak perlu bosan dengan tampilan website yang itu-itu saja
* Sangat SEO friendly, sehingga website anda bisa terindeks oleh Google hanya dalam hitungan jam bahkan menit
* Berperan sebagai salesman yang mempresentasikan kelebihan produk anda, meningkatkan jumlah pesanan hingga 300%
* Bisa dibuat oleh siapa saja asalkan bisa mengetik walaupun hanya bisa mengetik di mesin ketik sekalipun, saya yakin kemampuan anda pasti lebih dari itu

Kenapa Memilih Bisnis Online?
* Bisnis Toko Online bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari Ibu rumah tangga, pensiunan, anak kuliahan.
* Tidak butuh modal besar, Lupakan biaya sewa toko yang mencapai jutaan per bulan, anda hanya butuh modal kurang dari 10% dari semua itu
* Anda tidak harus memiliki produk milik anda sendiri untuk anda jual, Jadi anda tidak perlu khawatir meskipun anda bukan pemilik barang/jasa, anda tetap bisa berbisnis toko online
* Tidak menyita waktu. Cukup luangkan waktu 1-2jam/hari untuk memproses pesanan yang masuk dan melakukan kegiatan promosi yang menyenangkan
* Pengguna internet di Indonesia yang naik 800% dalam 5 tahun, Sehingga kebiasaan masyarakat untuk berbelanja online akan berkembang pesat yang artinya peluang untuk profit akan semakin besar


2. Strategi Bisnis Online

Beberapa pertimbangan sebelum memulai bisnis online
Seperti halnya membuka toko offline, toko online juga membutuhkan tempat yang strategis untuk memasarkan produknya. Untuk bisnis online, Anda dapat memilih tempat usaha yang gratis ataupun usaha yang berbayar. Tempat gratis misalnya saja menggunakan fasilitas blog untuk membuka toko online.
Dalam menjalankan toko online, buatlah desain website atau blog yang digunakan sebagai tempat berjualan semenarik mungkin. Sehingga para konsumen merasa senang dan nyaman dengan tempat usaha kita, seperti mereka masuk ke dalam toko offline yang display tempatnya menarik, rapi, dan memberikan kenyamanan pada konsumen.
Walapun toko online tidak melayani konsumen dengan bertatap muka langsung, namun pelayanan yang diberikan tetap sama bertujuan memberikan kepuasan terhadap konsumennya. Salah satu caranya dengan menyediakan fasilitas pelayanan chatting online ataupun layanan call center.
Banyaknya kasus penipuan melalui internet, menjadikan para konsumen tidak mudah percaya dengan jual beli melalui internet. Untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap toko online, sebaiknya cantumkan alamat email, nomor telpon serta alamat lengkap yang dapat dihubungi para konsumen, sehingga para konsumen dapat menanyakan langsung informasi yang dibutuhkan.
Untuk menambah kepercayaan konsumen baru, buatlah kotak testimooni yang menampung pertanyaan konsumen serta komentar para pembeli yang telah menerima produk pesanannya. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai bukti, bahwa toko online Anda benar-benar mengirimkan barang yang telah dipesan konsumen.
Untuk pelayanan pembayaran, sediakan fasilitas pembayaran dengan mencantumkan nomor rekening bank yang memiliki jaringan luas atau yang memiliki nasabah banyak. Karena konsumen akan lebih senang jika melakukan pembayaran melalui rekening bank ang sama dengan bank mereka. Misalnya saja bank Mandiri, BNI, atau BCA.
Selanjutnya yaitu proses pengiriman produk. Karena melalui online, pengiriman produk menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan para pelaku usaha. Dari mulai kemasan yang menarik namun memberikan segi keamanan barang, agar tidak rusak sampai tempat tujuan. Kemudian pastikan jasa kurir atau pengirim yang Anda gunakan, memiliki waktu pengiriman lebih cepat dari yang lainnya. Sehingga para konsumen tidak lama menunggu, dan berikan kepastian kepada konsumen berapa lama pesanan akan tiba di alamat mereka.
Lakukan promosi untuk toko online Anda, gunakan SEO untuk membantu meningkatkan kunjungan pada website toko online Anda. Selain itu Anda juga bisa memasang iklan baris ataupun iklan baner pada situs-situs yang telah memiliki banyak pengunjung. Baik itu iklan gratis maupun iklan berbayar.
Selalu ramah, sabar dan konsisten dalam memberikan informasi yang dibutuhkan para konsumen. Kepuasan pelanggan adalah jalan Anda menuju kesuksesan, untuk itu jangan pernah kecewakan para konsumen.

3. Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing secara garis besar adalah melakukan suatu tindakan pemasaran produk atau suatu jasa yang dipasarkan melalui media internet (online). Dalam pengertian Internet Marketing disebut juga e-marketing atau e-pemasaran (e = electronic) dan tidak jauh berbeda dengan pemasaran secara offline.

"Internet Marketing (e-marketing) is the process of growing and promoting an organization using online media.” (Wikipedia)

Itulah definisi Wikipedia, yang sering dijadikan rujukan otoritatif bagi para netter. Melanjutkan definisi itu, Wikipedia menuliskan bahwa metode di dalam e-marketing termasuk: search engine marketing, display advertising, e-mail marketing, affiliate marketing, interactive advertising and viral marketing. Definisi ini sangat cocok untuk perusahaan yang berbasis dunia nyata (brick and mortar business) yang menjadikan internet hanya sebagai sebuah media.

Sebagai “sarana baru” atau “pasar baru”, internet hanya menjadi bagian kecil dari sebuah upaya marketing perusahaan yang jangkauannya sangat luas. Dalam pengertian ini, e-marketing mungkin sangat dekat dengan fungsi promosi dan penjualan (sales) di dalam pengertian marketing tradisional.

Tetapi bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi sepenuhnya di internet (pasar, produk, layanan, interaksi, transaksi), seperti perusahaan mesin pencari (search engine), layanan hosting, social networking, dsb, pengertian e-marketing tersebut terlalu sempit. Bahkan, untuk sebuah situs pribadi atau blog yang sepenuhnya hidup di dunia virtual, kebutuhan akan emarketing jauh lebih luas daripada sekedar promosi dan penjualan.

Untuk perusahaan-perusahaan yang hidup di sepenuhnya di internet, pengertian marketing yang umum mungkin lebih tepat. Meminjam kembali definisi dari Wikipedia, “Marketing is the process of identifying the consumers’ wants and needs and making the product to satisfy these.” Di dalamnya, ada aspek strategis, ada aspek teknis. Rasanya pengertian itu lebih pas. Supaya e-marketing tidak hanya berkisar pada SEO, email marketing, affiliate marketing yang merupakan satu bagian dari sebuah aktivitas marketing yang komprehensif.

Bisnis melalui internet bisa dioperasikan dari rumah sehingga biayanya bisa jadi sangat kecil dibandingkan harus sewa kantor atau toko. Dua hal penting yang harus dimiliki oleh internet marketing adalah Website dan email.
Sales website

Sales website adalah bentuk terbaik dari internet marketing. Perusahaan atau individu yang ingin mensetup website akan memberikan kesempatan kepada calon customer untuk membeli produknya. Customer akan mengunjungi website, melakukan pemesanan, melakukan pembayaran secara online atau transfer via bank, dan barang dikirimkan ke customer. Semua transaksi ini akan dilakukan secara elektronik dan otomatis. Proses pembelian ini dilakukan oleh customer tanpa harus meninggalkan rumah, cukup dilakukan dari depan komputer yang terhubung internet.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
My Popularity (by popuri.us)

Advertisement

Mini Updates

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by dolvhic.com - zoomtemplate.com